Peluang Ekonomi Kreatif di Masa Depan

Peluang Ekonomi Kreatif di Masa Depan | Di era industri masyarakat Indonesia juga sudah mulai mengenal adanya ekonomi kreatif. Keberadaan ekonomi kreatif di tengah masyarakat yang hererogen, tentu membawa dampak baik dan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat Indonesia secara berkesinambungan. Ekonomi kreatif sendiri sering dimaknai sebagai konsep atau gagasan yang dilandasi dari ide kreatif manusia, dan sumber daya manusia di sini jadi faktor produksi yang diutamakan.

Sekitar tahun 2006, konsep dasar soal ekonomi kreatif diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia. Dan seiring waktu, sekarang juga sudah ada lembaga yang menaungi konsep ekonomi kreatif ini. Digadang-gadang, ekonomi kreatif bisa jadi salah satu upaya yang bisa mendorong naiknya taraf perekonomian Indonesia. Sebagai generasi masa depan, anak muda harus memiliki peran dalam ekonomi kreatif di masa depan. Hal itu supaya konsep dari ekonomi kreatif yang sudah dibuat, benar-benar bisa dimanfaatkan oleh generasi muda di Indonesia.

Anda juga pastinya sudah sering mendengar adanya industri 4.0 yang memadukan segala unsur baik teknologi maupun sumber daya manusia. Dengan potensi yang ada mampu menciptakan ide-ide kreatif. Dengan adanya industri 4.0, dan diiringi kemampuan menciptakan, ditambah tuntutan untuk selalu berinovasi, jadi semakin penting untuk membawa pada perubahan yang signifikan dan bisa mempertahankan diri di tengah gencarnya persaingan global.

Indonesia sebenarnya punya daya saing yang cukup mumpuni untuk menciptakan ekonomi kreatif. apalagi didukung dengan keberagaman suku, budaya dan etnik yang dimiliki, serta bonus demografinya,akan bisa menambah banyak produk kreatif negeri. Dan sebagai generasi muda Indonesia, ide-ide kreatif sudah harus mulai dimunculkan. Baik pengembangan ekonominya maupun teknologi yang menyertainya.

Peran dan Peluang Ekonomi Kreatif

Kalau dilihat secara lebih spesifik, ekonomi kreatif ini memang akan punya andil yang cukup besar dalam menaikkan taraf perekonomian bangsa. Buktinya di 2017 saja, ekonomi kreatif yang digagas sudah berhasil berkontribusi pada pendapatan domestik bruto yang ada di Indonesia, dengan nilai yang fantastis. Pada tahun itu sumbangan ekonomi kreatif sudah sekitar 990 triliun rupiah.

Angka itu naik dari tahun-tahun sebelumnya dan diperkirakan juga bakal terus tumbuh seiring banyaknya anak muda yang getol mencoba peluang ekonomi kreatif dalam berbagai sektor. Di masa depan, peran ekonomi kreatif kiranya juga bisa mendatangkan income yang lebih besar lagi untuk Indonesia, karena pemerintah juga mulai memberikan ruang kepada industri-industri kecil untuk bisa menunjukkan kreativitasnya sekaligus mengekspor produk-produknya ke berbagai negara.

Tapi tentu tidak mudah. Seperti strategi-strategi yang lain, penerapan ekonomi kreatif kadang juga memunculkan banyak kendala. Baik kendala personal maupun kendala yang dihadapi secara umum. Jadi untuk bisa menekan kendala-kendala yang ada, butuh kerjasama atau sinergi dari berbagai pihak seperti dari pemerintah, lembaga-lembaga yang dipercaya menaungi ekonomi kreatif dan tentunya para pelaku usaha di dalamnya. Dengan begitu, semua komponen dapat menciptakan peluang untuk mendorong terciptanya ekonomi kreatif yang berkesinambungan.

error: Content is protected !!