Kecanduan Internet di Korea Selatan

Kecanduan Internet di Korea Selatan

Kecanduan Internet di Korea Selatan menuai dampak negatif. Sejak ditemukannya internet banyak sekali pengguna dan peranan dari internet itu sendiri. Ada dampak positif bahkan bisa berdampak negatif pula. Seperti halnya yang terjadi di Korea Selatan.

Sudah pasti tahu kan Korea Selatan merupakan negara maju. Ini juga tentunya berdampak terhadap akses internet yang lebih lancar dibandingkan dengan negara-negara berkembang.

Internet ini seperti dua belah mata pisau. Di satu sisi banyak sekali manfaaat yang bisa di peroleh bahkan peranannya bisa menjadi keuntungan. Akan tetapi jika penggunaannya tidak bijak akan berdampak negatif terhadap penggunanya sendiri.

Internet ini memang begitu mudah di akses, kapanpun dan dimanapun. Pengguna internet bahkan mulai dari anak-anak, remaja maupun dewasa. Selain itu banyak sekali hal-hal yang bisa diakses di internet mulai dari aplikasi, game online, bahkan judi online dan lainnya.

Karena kemudahannya inilah kegiatan apapaun hampir bergantung pada yang namanya internet. Mau makan lewat internet, mau bepergian menggunakan internet, baca buku menggunakan internet. Bahkan kamu sering mengalami kan, mau makan saja update media sosial dulu.

Dampak Negatif dari Internet

Semakin sering penggunaaan dan semakin sering bergantung pada internet, ternyata dapat membuat orang kecanduan. Nah apa itu kecanduan internet?. Kecanduan internet merupakan dimana seorang individu merasakan dunia maya lebih menarik dibandingkan dengan kehidupan nyata sehari-hari. Kecanduan ini bisa dikatakan sebagai gangguan jiwa yang ditandai dengan rasa asyik yang berlebih saat  mengakses internet atau berselancar di dunia maya.

Perliku demikian tentunya akan mengurangi interaksi seseorang dengan lingkungan sekitar. Hampir tidak ada interaksi sosial. Sehingga akan mengalami kesepian dan berujung stres.

Nah kecanduan internet ini juga terjadi di Korea Selatan. Menurut hasil survey KBS World tahun 2018 lalu, 15% remaja Korea Selatan mengalami kecanduan internet. Ini sudah terjadi 2 tahun silam, Nah kabarnya belakangan banyak sekali kamp-kamp yang didirikan khusus untuk pecandu internet ini. Kebayangkan bagaimana jumlah dan dampaknya jika sudah ada kamp khusus yang menangani masalah yang satu ini.

Kamp khusus pecandu internet tersebut memang sengaja didirikan oleh pemerintah Korea Selatan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul akibat kecanduan menggunakn internet ini. Karena bagi pecandu bahkan bisa melupakan hal-hal dasar yang harusnya dilakukan seperti makan dan minum. Selain itu dimungkinkan pecandu internet ini juga rentan terhadap gangguan emosional.

Seperti hal nya narkoba saja, pecandu internet ini juga mengalami gangguan emosional, lebih agresif dan apatis. Tiada hari tanpa internet, di perjalanan, kereta dan bahakan bolos sekolah untuk berselancar dengan yang namanya internet.

Jadi, tidak mau kan kesehatan fisik dan mentalmu terganggu hanya karena menggunakan internet yang begitu mudah diakses? Oleh karena itu gunakanlah internet sewajarnya, tidak berlebih-lebihan dan tentunya harus lebih bijak.

Leave a Reply